MTsN 4 Kota Padang Wujudkan USBN berintegritas dan berprestasi

MTsN 4 Kota Padang Wujudkan USBN berintegritas dan berprestasi

Padang, Inmas--Ujian Sekolah  Berstandar Nasional (USBN) Tahun pelajaran 2018/2019  hari ini, diawali mata ujian Bahasa Indonesia dan matematika, Selasa (09/04).

Ujian dilaksanakan selama 4 hari, terhitungSelasa (09/04) hingga Jum’at mendatang (12/04). Adapun ketentuan Bunyi  bel ujian antara lain tepat pukul 07.00 peserta ujian berkumpul di halaman madrasah

Waka Kesiswaan Wendri Effendi menjelaskan tata tertib serta cara pengisian Biodata agar jangan sampai salah, dan tak kalah pentingnya suatu wejangan untuk memotivasi agar mengisi jawaban dengan teliti dan jangan sampai asal baca.

Lalu  juga ditekankan tentang kedisiplinan selama mengikuti ujian, baik ketepatan tiba maupun perlengkapan atribut sebagai pelajar.

Bertepatan pada pukul 07.30 seluruh peserta ujian masuk kedalam Ruangan Ujian masing-masing dan akan berakhir pada pukul 12.00 Wib, dimana ujian  berlangsung digedung Madrasah tersebut.

Di kesempatan sama Lilis Andriani selaku Plt Kepala MTsN 4 Kota Padang dalam sambutannya diruangan Pengawas menjelaskan kepada para pengawas yang terdiri dari 26 orang dari berbagai Madrasah dikota Padang."

“Bahwasanya Peserta Ujian berjumlah 247 siswa dengan pembagian sebagai berikut, peserta ujian Laki –laki sebanyak 105 Siswa sedangkan perempuan sebanyak 142 Siswa," jelas Lilis.

Ditambahkannya, "Terdiri dari 13 ruangan dimana ada ruangan besar sebanyak 12 ruangan dimana masing masing ruangan diisi sebanyak 20 siswa sedangkan ruangan Kecil  1 ruangan sebanyak 7 siswa, setiap ruangan diisi  2 orang pengawas,  didalam pelaksanaan USBN ini kita merujuk pada SOP yang telah ditetapkan," terang Lilis yang juga Kepala MTsN 3 Kota Padang ini.

Lanjutnya, "adapun sistem pengawasan ujian dengan pengawasan silang yakninya, berasal dari Guru Madrasah lain, sesuai dengan yang telah di SK kan Kakan Kemenag Kota Padang, dan guru Madrasah Thsanawiyah Negeri 4 Kota Padang bertugas ke madrasah lain pula."

“Semoga pelaksanaa Ujian berjalan dengan Aman, lancar dan berjalan dengan baik, terhitung hari ini hingga hari terakhir, dan peserta ujian mendapatkan hasil memuaskan," harapnya.

Senada ditambahkan Kepala TU Rivanetti saat dikonfirmasi memaparkan bahwa tak lupa  diingatkan terhadap pengawas, agar melakukan pengawasan dengan serius.

"Tidak dibenarkan Bapak dan Ibu melakukan kegiatan yang tidak ada hubungannya dengan tugas kepengawasan, seperti mengotak-atik HP atau Gadget saat ujian berlangsung," tegasnya.

Tepat pukul 07.30 seluruh peserta  didik dipersilahkan mengerjakan soal, tampak pesert didik serius mengerjakan soal-soal ujian pelaksanaan USBN tahun ini.

“Diharapkan berintegritas dan berprestasi,  hal ini sejalan dengan Kementerian Agama Kota Padang, yang merupakan sebagai pilot project zona Integritas Kementerian Agama RI, dan semoga saja terwujud Madrasah Handal, Hebat dan Bermartabat," tuturnya menyudahi.(HarisTJ)|DW